Oleh : Yudis Wahyudi

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan, menggelar kegiatan. yang di Gelar l Odaita Hote, 10/12/2020. Acara ini dihadiri oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Pamekasan Totok Hartono, seluruh pimpinan OPD dan 13 Camat di seluruh Kabupaten Pamekasan.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ir Mohamad, dalam laporan yang dibacakan Sekretaris Dinas Kominfo Ulung Sedjati W menyampaikan bahwa, kegiatan ini memberikan kesepahaman pentingnya pengukuran nilai tukar nelayan, nilai tukar petani dan genie rasio dalam rangka perencanaan dan evaluasi pembangunan di kabupaten pamekasan dan publikasi hasil analisa nilai tukar nelayan, nilai tukar petani dan genie rasio tahun 2020.

Sementara itu Bupati Pamekasan Baddrut Tamam melalui Sekretaris Daerah Ir Totok Hartono menyampaikan bahwa pembangunan ekonomi suatu daerah pada umumnya diarahkan pada pertumbuhan ekonomi yang tinggi. namun pertumbuhan ekonomi yang tinggi belum tentu memberikan manfaat yang berarti bagi anggota masyarakat yang paling miskin dan paling membutuhkan perbaikan taraf hidup bahkan seringkali menyebabkan bertambah lebarnya ketimpangan antar golongan masyarakat (yang kaya dan yang miskin) dan kesenjangan atau ketimpangan antar wilayah (yang maju dan yang tertinggal).

Ketimpangan yang makin tinggi antar golongan dan antar wilayah ini dapat memunculkan masalah kecemburuan sosial, dan disparitas ekonomi yang makin lebar dan tajam. hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi tidak disertai dengan pendistribusian pendapatan (income distrubution) yang merata pada seluruh lapisan masyarakat.

Ketimpangan pendapatan hanya dapat diminimalkan dan dikendalikan oleh program-program pembangunan yang sesuai. oleh karena itu, kajian ini diperlukan sebagai evaluasi kebijakan pembangunan ekonomi pada tahun sebelumnya dan sebagai bahan perencanaan yang akan datang.

Menurut Totok, dapat diketahui masyarakat di Pamekasan sebagian besar memiliki mata pencaharian pada sektor pertanian dan perikanan. Berdasarkan Data Produk Domestik Regional Bruto PDRB tahun 2019, sumbangan usaha sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebanyak 31 koma 32 persen, perdagangan 21 koma 48 persen, dan kontribusi interkontruksi 11 koma 04 persen.

Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa pada sektor pertanian dan perikanan ini dapat menjadi faktor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang nantinya mampu meningkatkan pendapatan serta meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan di kabupaten Pamekasan.

Pemaparan akhir dan publikasi nilai tukar nelayan, nilai tukar petani serta genie rasio 2020 ini dihadiri oleh beberapa Narasumber diantaranya dari Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan (Dicky Haryadi, SE., ME.), kepala seksi statistik distribusi badan pusat statistik kab. pamekasan (Handoyo Wijoyo, S.St.), Kepala Sub bagian tata usaha badan pusat statistik kab. pamekasan ( Erfan Iswantoro, Se.), serta juga dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Mojokerto Kepala Seksi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Kabupaten Mojokerto Arif Budianto, SE., MM. (Red:This26)

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Arsip Berdasarkan Tanggal
Desember 2020
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Website