Pemkab Pamekasan- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam meresmikan Plesir Desa Wisata Bukit Kehi di Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, rabu (14/12/2022) siang.

Launching program plesir desa tersebut dihadiri jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan, seluruh camat dan kepala desa se Kabupaten Pamekasan.

“Kita akan mendorong kemandirian banyak sektor di desa-desa, visi pemerintahan ini berangkat dari bawah, adil dan merata. Artinya, kalau berangkat dari bawah sama halnya dengan kita mau mendorong kebijakan pemerintahan dari desa-desa,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengawali sambutannya.

Dikatakan, pertumbuhan ekonomi yang kuat di tingkat desa, tentu akan membawa Pamekasan menjadi kabupaten hebat sebagaimana spirit membangun agar mampu bersaing dengan kabupaten/kota maju di Indonesia. Hal itu, membutuhkan komitmen kuat antar semua stake holder, termasuk kepala desa dan camat.

“Semua kebijakan di Kabupaten Pamekasan arahnya ke desa-desa, karena arahnya ke desa kita buat model yang agak berbeda dengan model pemerintahan yang sebelumnya. Misalnya, kita berkomitmen untuk mendorong pusat kegiatan di desa, launching plesir desa diletakkan di desa, dan banyak kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Kader terbaik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, jika semua desa berkomitmen perputaran ekonomi berjalan di desa-desa, maka otomatis desa tersebut akan makmur dan sejahtera. Pemerintah kabupaten akan mendukung semua program desa yang mengarah kepada kesejahteraan rakyatnya.

Dia mengaku, pihaknya berdiskusi dengan beberapa kepala desa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat desa. Salah satu rekomendasinya adalah adanya investor di bidang pertanian, pangan, dan sektor wisata. Semua sektor itu kemudian berkolaborasi untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut.

“Semua orang dulu menganggap semua desa itu ndeso, desa itu kampungan. Ayo kita bareng-bareng berkolaborasi, kerja sama bahwa desa itu bisa, dan desa itu tidak kampungan, tetapi desa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi,” ujar bupati dengan sederet prestasi tersebut.

Bupati yang akrab disapa Mas Tamam ini mengajak semua kepala desa mampu menggali potensi desanya menjadi sumber kekuatan ekonomi di tingkat desa melalui program desa tematik. Saat ini telah banyak desa tematik di daerahnya, seperti desa wisata, desa UMKM, dan desa tematik lainnya.

“Ayo bawa kabupaten ini menjadi kabupaten yang berdaya saing dengan kabupaten maju di Indonesia. Ini bukan hanya sukses dinas, camat, atau kepala desa, tetapi sukses kita semua, masyarakat Pamekasan yang ingin plesir desa maju dan tumbuh,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pamekasan juga memberikan penghargaan kepada desa tematik di daerahnya, serta kepada desa yang telah berstatus mandiri sebagai wujud komitmen membangun pertumbuhan ekonomi dari desa.

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Arsip Berdasarkan Tanggal
Desember 2022
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Website