Permintaan Informasi

Tatacara dan Mekanisme Permintaan Informasi

”Bagaimana tatacara dan mekanisme dalam memberikan dan menjawab permintaan informasi dari pemohon informasi ??
Jawab :
Pelayanan informasi terbagi menjadi dua kegiatan berdasarkan pengelompokan informasi publik yang bersifat terbuka (disediakan dan diumumkan secara berkala, serta merta, dan tersedia setiap saat) dan yang dikecualikan. Untuk pelayanan informasi publik yang bersifat terbuka diumumkan melalui berbagai bentuk dan media (media elektronik dan nonelektronik) yaitu :
Informasi Publik yang tersedia dan diumumkan secara berkala dilayani melalui media elektronik dan nonelektronik
Permintaan informasi publik yang disediakan setiap saat, Semua informasi publik yang dikategorikan wajib setiap saat oleh badan publik dalam bentuk hardcopy/tercetak.

Pelayanan atas Permintaan Informasi Publik

A. Mekanisme Pelayanan Informasi yang tersedia setiap saat atas permintaan tertulis, terdiri dari :

  1. Pemohon/Pengguna Informasi Publik mengajukan permintaan informasi kepada PPID.
    Terlebih dahulu:
    a. Mengisi Formulir Pendaftaran
    b. Mengisi Subjek dan keterangan Permintaan informasi yang diminta
    c. Mengisi Alasan Pengguna/Pemohon permintaan Informasi
    d. Menyediakan Fotocopy KTP
  2. Pejabat PPID menerima permohonan infromasi
  3. PPID melakukan pencatatan permintaan informasi dari pemohon untuk kepentingan tertib administrasi. Untuk mempermudah masyarakat dalam meminta informasi publik.
  4. Pemberian tanda bukti permohonan informasi (nomor pendaftaran) kepada permohonan informasi

B. Mekanisme Pelayanan Informasi yang tersedia setiap saat atas permintaan secara tidak tertulis, terdiri dari :

  1. Permohonan Informasi Publik mengajukan permintaan informasi kepada PPID
  2. Pejabat PPID menerima permohonan informasi
  3. PPID melakukan pencatatan permintaan informasi dari pemohon untuk kepentingan tertib administrasi
  4. Petugas Pelayanan Informasi Wajib Melakukan konfirmasi mengenai data Pemohon/Pengguna Informasi
  5. Pada saat konfirmasi ditemukan ketidaksesuaian data pemohon dan pengguna, maka petugas pelayan informasi berhak untuk tidak melayani permintaan informasi

C. Selambat-lambatnya dalam waktu 10 hari kerja sejak Permohonan Informasi diterima oleh Petugas PPID, maka PPID wajib menanggapi permintaan informasi Tersebut, Melalui :

  1. mellaui pemberitahuan tertulis.
    Pemberitahuan itu meliputi :
    – permintaan Informasi diterima / ditolak
    – Pembritahuan perpanjangan waktu pemohon informasi
    di sertai dengan keterangan.
  2. Melalui pemberitahuan Fia Telekomunikasi,
    Pemberitahuan itu meliputi :
    – permintaan Informasi diterima / ditolak
    – alamat yang diberikan salah
    – Pembritahuan perpanjangan waktu pemohon informasi
    di sertai dengan keterangan.

D. Jika PPID membutuhkan perpanjangan waktu, maka selambat-lambatnya 7(tujuh) hari kerja sejak tanggapan pertama diberikan. PPID harus memberitahukan secara tertulis apakah permintaan informasi dapat dipenuhi atau tidak.

  1. Jika permintaan informasi diterima,
    makadalam surat pemberitahuan Meliputi :
    – Dicantumkan materi informasi yang diberikan
    – format informasi, apakah soft copy atau data tertulis, biaya yang dibutuhkan.
  2. Bila permintaan informasi ditolak,
    maka pemohon dapat mengajukan keberatan kepada :
    – Atasan PPID
    – Komisi Informasi Pusat
    – Pengadilan Tata Usaha Negara
    – Mahkamah Agung sebagai upaya terakhir.