27
October

Surat Suara Pilwali Surabaya Dicetak 10 November

Written by 
Published in Berita Umum

SURABAYA - Proses approving surat suara pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya ditargetkan tuntas pekan ini. Sebab, dua pekan lagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mencetak masal surat suara.

Sebelumnya, KPU melakukan pencetakan awal surat suara. Hasilnya ditunjukkan kepada pasangan calon (paslon). Namun, desain surat suara mendapat koreksi dari kubu Rasiyo-Lucy Kurniasari. 

Komisioner KPU Surabaya Nurul Amalia mengatakan, hasil perbaikan itu sudah selesai. Tinggal ditunjukkan ulang. "Setelah cetakan kedua selesai, nanti kami mengundang lagi paslon dan panwaslu," ujarnya kemarin (16/10).

Menurut Nurul, KPU memang mengebut perbaikan desain. Sebab, seluruh surat suara akan dicetak pada Selasa (10/11). Selain itu, diperlukan waktu yang cukup untuk pelipatan kertas surat suara. 

Pekerjaan itu dilakukan di kantor KPU, Jalan Adityawarman Nomor 27. Alasannya, pemenang tender hanya bertugas mencetak. Setelah itu, KPU mendistribusikan logistik ke TPS. 

Alumnus Unair itu menyatakan, jumlah total surat suara lebih dari jumlah daftar pemilih tetap, yakni 2.034.307 lembar. Sebab, ada penambahan 2,5 persen di setiap TPS. Lalu, ada 2.000 surat suara cadangan. "Belum lagi kalau ada pembulatan. Misalnya, 2,5 persenanya 100 kan 2,5, dibulatkan jadi 3," ucapnya.

Nurul menyebutkan, KPU juga akan mengundang dua paslon dalam agenda lain. Yakni, untuk deklarasi pemilu damai dan berintegritas. Jadwalnya berlangsung siang ini (27/10) di Hotel Singgasana. Rencananya, ada pembacaan kesiapan paslon untuk menciptakan suasana pilwali damai. (nir/byu/c6/c10/oni)

Read 373 times Last modified on Friday, 20 November 2015 01:42
Rate this item
(0 votes)