Tuesday, 04 October 2016 01:36

Pamekasan Ajukan Anggaran 150 Miliar untuk Normalisasi Sungai Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kali Semajid di Kelurahan Parteker dan Kali Jombang di Kelurahan Patemon Kecamatan Kota Pamekasan, direncanakan untuk dilakukan pelebaran serta pembangunan plengsengan. Namun Pemkab Pamekasan tidak punya dana untuk membangun kedua sungai tersebut.

Oleh sebab itu, Pemkab Pamekasan akan mengusulkan anggaran ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur  di Tahun 2017 mendatang. Tujuannya agar wilayah Kota Pamekasan bebas dari musibah banjir yang sering terjadi pada saat musim hujan.

Bupati Pamekasan achmad Syafii mengatakan, dalam usulan pembangunan sungai ke pemerintah Provinsi Jawa Timur di tahun 2017 tersebut, dikarenakan kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pamekasan sangat terbatas. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten sendiri tidak akan mampu untuk membangun sungai tersebut. Sebab pembangunan sungai itu menelan anggaran yang cukup besar.

“Kalau semua dana yang dibutuhkan diambilkan dari APBD Pamekasan sendiri, maka sektor pembangunan yang lain akan terabaikan. Makanya terobosannya harus ke APBD Jawa Timur,” terangnya, 5 Agustus lalu.

Syafii menambahkan, untuk usulan anggaran normalisasi Kali Semajid dan Kali Jombang di Tahun 2017, senilai Rp 150 miliar ke Provinsi Jawa Timur. Selain itu, dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah pun, juga sangat besar untuk normalisasi saluran-saluran sungai. Namun yang terpenting saat ini bukan pada pembangunannya. Melainkan menjaga kebersihannya agar terhindar dari penumpukan sampah yang bisa menyumbat aliran air.

“Soal pembangunannya bisa difikirkan dan bisa segera dibangun. Namun pembangunan mental masyarakat agar tidak mengotori sungai dengan sampah jauh lebih penting dari pembangunan fisik sungai,” ungkap Bupati.

Dengan normalisasi saluran sungai di Pamekasan, target Pamekasan di tahun 2018 mendatang sudha bebas banjir benar-benar terealisasi. Beberap saluran air yang sudah diperbaiki, sudah memberikan soluasi atas terjadinya titik banjir di Pamekasan. Di antaranya di Jl Jokotole Pamekasan sudah diperbaruinya gorong-gorongnya dengan pemasangan box culvert. 

“Ada juga di Jl Jokotole di dekat kantor Diperindag akan dipasangi box culvert dan badan jalan akan ditinggikan. Mungkin pekerjaannya sudah tuntas di bulan Agustus ini,” ujarnya.

Penulis: Taufiqurrahman

 

Read 431 times