30
May

Menteri Desa Puji Buku PSlip Desa KI Jatim Featured

Written by 
Published in Kabar PPID

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar memuji buku Pedoman Standar Layanan Informasi Desa untuk Pemerintahan Desa (PSlip Desa) yang diterbitkan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur. "Ini adalah bentuk inisiatif yang bagus dan kontribusi positif Komisi Informasi dalam mengawal program pembangunan desa,"kata Marwan dalam acara peringatan delapan tahun disahkannya UU Keterbukaan Informasi Publik dan hari Keterbukaan Informasi Nasional, Senin,16 Mei 2016 lalu.


Dia menambahkan, buku itu salah satu upaya KI Jatim untuk ikut mendorong lebih luas keterbukaan informasi sehingga meningkatkan pengetahuan masyarakat desa, memicu daya kritis yang pada akhirnya mendorong partisipasi pembangunan. Apalagi,kata Marwan, dana desa yang dikucurkan pada 2016 mencapai Rp46,98 triliun, dan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang."Prinsip dan asas keterbukaan dalam UUKIP dan UU Desa memberikan jaminan hak kepada masyarakat untuk memperoleh informasi publik,"kata Jafar.


Dalama kesempatan itu,Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Komisi Informasi Pusat (KIP) menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong keterbukaan informasi desa sebagai salah satu badan publik. Nota kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi dan Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono 2 disaksikan secara langsung Menteri Marwan Jafar.


Acara tersebut dilaksanakan di Audiotorium Wisma Antara jl. Medan Merdeka Selatan 17 Jakarta, dengan mengambil tema “Mengawal Keterbukaan Informasi Pemerintahan Desa”. Sesi diskusi publik diisi dengan pemaparan dari beberapa narasumber yaitu Eko Sulistyo (Deputi Kepala Kantor Staf Presiden), Supriyansa (wakil bupati Sopeng Sulawesi Selatan), Ketty Tri Setyorini (ketua KI Jatim), Yenny Soetjipto (sekjen seknas Fitra). Acara itu dihadiri oleh komisioner Komisi Informasi se Indonesia dan undangan lainnya.


Buku PSlip Desa mendapat apresiasi karena buku itu adalah buku pertama yang diterbitkan oleh Komisi Informasi di Indonesia. Sedangkan Kabupaten Soppeng melakukan penandatanganan MoU dengan Komisi Informasi (KI) Sulawesi Selatan terkait transparansi dana desa.(*)

Read 408 times
Rate this item
(0 votes)