21
April

Ratusan Ribu Warga Pamekasan Belum Miliki E-KTP Featured

Written by 
Published in Berita Umum

Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) sudah terealisasi sejak tahun 2011 yang lalu. Dan ditargetkan tuntas pada tahun 2013. sehingg, pada tahun tersebut, seluruh masyarakat Indonesia dari sabang sampai meraoke, sudah memiliki E-KTP.

Elektronik KTP memiliki kelebihan diantaranya, Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP; Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan. Dan KTP berbasis NIK memuat kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi dan validasi data jati diri penduduk.

Sekalipun E-KTP memiliki fungsi yang sangat vital, khususnya yang berkenaan dengan identitas diri. Namun, tidak semua masyarakat Pamekasan memiliki Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) tersebut.

Data dari Dinas Kependudukan Dan Catata Sipil Pemkab Pamekasan, masyarakat pamekasan yang tidak memiliki E-KTP mencapai 100 Ribu Masyarakat. dan tersebar di 13 Kecamatan di Pamekasan.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Pemkab Pamekasan Herman Kusnadi mengatakan, banyak faktor yang membuat masyarakat, enggan membuat E-KTP, Salah satunya Karena rendahnya kesadaran masyarakat.

Masyarakat baru membuat E-KTP,  Ketika ada kepentingan-kepentingan tertentu. misalnya untuk memproses persyaratan pembuatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Untuk Membuat Paspor, membuat akta nikah, karena mau membuat rekening Bank. ataupun kepentingan lainya, yang berhubungan dengan E-KTP.

Membuat E-KTP bukan berangkat dari kesadaran murni masyarakat. sehingga, jika ada kebutuhan-kebutuhan tersebut, masyarakat baru mau memproses. Dan meminta segera diterbitkan E-KTP.

Dispendukcapil menolak disebut, tingginya angka masyarakat yang tidak membuat E-KTP di Pamekasan tersebut. dikarenakan lemahnya sosialisasi Dispendukcapil pemkab pamekasan, kepada masyarakat. khususnya masyarakat yang berada di Pelosok desa.

Dituding lemah memberikan sosialisasi, Kadispendukcapil herman kusnadi membeberkan beberapa program yang sudah dijalaninya. Salah satunya program Sabtu Perkasa atau Sabtu Pelayanan Perekaman Ditingkat Desa. Pada program tersebut, Dispendukcapil turun ke desa-desa untuk melakukan perekaman E-KTP.

Selain itu, Dispendukcapil membuat program pelayanan di kegiatan Bunga bangsa dan dalam tahap perencanaan, Dispendukcapil akan membuka pelayanan perekaman E-KTP,pada hari minggu saat Carr Free Day.

Akhmad Fawaid

Read 613 times
Rate this item
(0 votes)