Bencana Gunung Semeru terjadi pada 4 Desember 2021 di Jawa Timur, Indonesia. Setidaknya tercatat 48 korban tewas, 169 korban terluka, dan 22 orang masih dinyatakan hilang. Sekitar 45 orang mengalami luka bakar akibat dari bencana tersebut. Jembatan penghubung antara kabupaten Lumajang dan Malang terputus karena terjangan lahar dingin. Aliran lahar juga merusak sedikitnya 5.205 rumah dan beberapa bangunan umum.

Gunung semeru merupakan gunung tertinggi ketiga, yaitu 3676 meter diatas permukaan laut (mdpl), setelah gunung Kerinci (3805 mdpl) dan Rinjani (mdpl). Gunung Semeru juga termasuk dari 100 lebih gunung aktif yang ada di Indonesia.

Menindaklanjuti terjadinya bencana Awan Panas Guguran (APG) yang diakibatkan letusan Gunung Semeru yang telah memakan korban jiwa, maka masyarakat Indonesia khususnya daerah Jawa Timur hendaknya selalu waspada. Kurangi berpergian keluar rumah dan selalu pantau berita terbaru dari aktifitas gunung Semeru. Bila mengalami gangguan pernafasan atau merasa tidak enak badan akibat menghirup APG, hendaklah menuju ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan