Bupati Pamekasan, H. Baddrut Tamam, meresmikan Pasar Tangguh Bencana (PASTANA) di pasar Kolpajung dan pasar 17 Agustus pada hari Kamis 9 September 2021. Kegiatan ini diikuti oleh Forkopimda dan instansi terkait. Dalam acara ini juga dilakukan Vaksinasi, pemberian bantuan paket sembako, dan pemberian masker bagi pedagang dan pengunjung.

Pasar tangguh merupakan pasar yang menerapkan protokol kesehatan. Pedagang dan pengunjung wajib mencuci tangan di tempat yang telah disediakan oleh petugas sebelum masuk pasar, kemudian melewati bilik disinfektan yang telah disediakan di pintu utama pasar. Selain itu, pegadang serta pengunjung juga diwajibkan memakai masker dan tidak berkerumun, apalagi berkerumun dalam kondisi tidak memakai masker.

Pasar tangguh bencana ini semangatnya adalah mendorong semua orang yang berdagang dan berbelanja di pasar semuanya bisa mendapatkan kesehatan. Tujuannya agar kegiatan jual beli tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

Kenapa pasar tangguh ini kita laksanakan? Karena kita ingin pandemi ini berkurang dan ekonomi tetap tumbuh. Kalau pandemi ini tidak segera hilang, apalagi penyebarannya masif, maka memungkinkan akan ada pelambatan ekonomi.
Pelambatan ekonomi tersebut indikasinya daya beli masyarakat rendah yang secara otomatis akan berdampak terhadap daya jual dagangan di pasar. Tugas pemerintah mendorong kesehatan masyarakat, dan mudah-mudahan rezekinya diberi kelancaran. Tetapi sehat itu ada caranya, yaitu taat protokol kesehatan.
Kami bersama teman-teman forkopimda merancang cara dan strategi bagaimana ekonomi di pasar dengan penjagaan kesehatan yang bagus bisa berjalan seimbang. Kesehatan masyarakat baik tetapi ekonomi masyarakat juga semakin baik.

Semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir agar kegiatan masyarakat, termasuk di pasar, bisa kembali normal.

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Arsip Berdasarkan Tanggal
September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
Website