PPID Utama Kabupaten Pamekasan melakukan kegiatan perjalanan dinas dalam rangka  Koordinasi dan Konsultasi Kegiatan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik bersama Komisi Informasi Jawa Timur (KI Jatim) yang dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Agustus 2021 bertempat di Kantor Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur Jalan Bandilan nomor 2 – 4 desa Kedungrejo kecamatam Waru kota Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

Keterbukaan informasi adalah salah satu pilar penting yang akan mendorong terciptanya iklim transparansi. Terlebih di era yang serba terbuka ini, keinginan masyarakat untuk memperoleh informasi semakin tinggi. Diberlakukannya UU KIP merupakan perubahan yang mendasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, oleh sebab itu perlu adanya kesadaran dari seluruh elemen bangsa agar setiap lembaga dan badan pemerintah dalam pengelolaan informasi harus dengan prinsip good governance, tata kelola yang baik dan akuntabilitas.

Hasil yang dicapai dalam perjalanan dinas yang telah dilakukan adalah  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pamekasan khususnya bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) berkoordinasi dan konsultasi dengan  KI Jatim terkait pengelolaan informasi kepada publik. Dengan adanya keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit belit karena dilayani dengan satu pintu dan dilaksanakan sesuai dengan standard pelayanan informasi publik. PPID diharapkan Meningkatkan pelayanan informasi publik di lingkungan organisasi / Lembaga publik sehingga implementasi  Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik secara efektif dan hak-hak publik terhadap  informasi  yang berkualitas dapat terpenuhi . PPID juga bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan/atau Pelayanan Informasi di badan publik. Komisi Informasi akan mengadakan Monev dalam bentuk Bimtek di bulan September tapi masih lihat Situasi dan kondisi karena adanya PPKM kemungkinan adanya diadakan secara Virtual Zoom. Jika kondisi saat ini PPKM berada di level 2 atau telah berakhir, maka Monev akan dilakukan secara tatap muka.

Categories:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Arsip Berdasarkan Tanggal
Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Website